Penyebab Bau Badan

Bau badan dimiliki oleh setiap orang, manusia memiliki 2 kelenjar tubuh yang memproduksi keringat yakni kelenjar apocrine dan kelenjar accrine. Manusia secara normal memproduksi keringat setiap harinya ketika melakukan aktivitas atau karena cuaca atau suhu udara yang panas sehingga produksi keringat menjadi berlebih. Bau badan yang disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan jamur dan bakteri penyebab bau badan membuat seseorang menjadi tidak nyaman dan cenderung menghindar karena ketidak percaya dirian.

Kelenjar yang dimiliki tubuh manusia seperti kelanjar accrine yang menghasilkan keringat  bening dan tidak berbau yang dikeluarkan sejak bayi, keringat ini timbul pada bagian tubuh seperti tangan, punggung dan dahi atau jidat. Sedangkan kelenjar apocrine menghasilkan keringat yang berbau yang disebabkan oleh zat kimia tubuh yang memuai sehingga menimbulkan bau terjadi pada bagian tubuh tertentu seperti pada kulit rambut, ketiak, bagian organ intim dan kaki. Kelenjar apocrine ini dihasilkan ketika seseorang memasuki masa pubertas dan seseorang yang sangat aktif dalam kesehariannya.

Penyebab bau badan tidak dipengaruhi sepenuhnya oleh faktor keturunan, umumnya penyebab bau badan yang terjadi karena kurang kepedulian terhadap kebersihan diri dan lingkungan serta beberapa jenis makanan yang menyebabkan bau badan.

Berikut ini beberapa faktor penyebab dai bau badan yang meresahkan, yakni :

1. Ketidak seimbangan diet

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolin seperti bawang putih, bawang merah, jengkol, alkohol, gorengan hanya menyebabkan bau badan semakin meningkat tanpa diimbangi oleh magnesium atau zinc.

2. Gejolak hormon

Meningkatkan hormon dipengaruhi oleh usia yang semakin bertambah dan aktivitas yang dilakukan. Bau badan juga dapat dipengaruhi oleh fluktuasi hormon seperti ketika seseorang mengalami pubertas dan pada wanita yang memasuki masa menopause.

3. Penyakit

Beberapa penyakit diketahui dapat menyebabkan bau badan yang sangat tidak sedap. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan bau badan. Hal ini terjadi bila gula darah penderitanya kurang terkontrol sehingga mengembangkan kondisi yang disebut ketoasidosis. Kondisi ini juga dapat menyebabkan bau nafas yang khas. Bau badan yang menyengat dapat menjadi pertanda penyakit liver atau ginjal yang parah di mana tubuh tidak mampu memproses dan mengeluarkan racun tertentu. Kondisi ini dapat dipastikan dengan tes darah yang mengukur fungsi ginjal dan hati. Terkadang, tiroid yang terlalu aktif dapat menyebabkan masalah bau badan karena kecenderungan pasien untuk berkeringat berlebihan.

4. Stres emosional

Kelenjar keringat di ketiak dan selangkangan mengeluarkan zat kental yang menjadi penyebab bau badan. Zat yang mengandung protein, karbohidrat, dan lipid ini keluar lebih banyak saat sedang mengalami stres emosional (marah, takut, kegembiraan). Bila tidak segera mandi, bakteri akan mengurai zat tersebut sehingga menyebabkan bau badan.

5. Kelainan genetik

Kelainna genetik yang dimiliki seseorang sebagai contoh memiliki kelenjar atau pori-pori kelenjar keringat yang besar sehingga produksi keringat pun semakin banyak dan menimbulkan bau badan tak sedap. Sebuah kelainan genetik yang langka disebut trimetilaminuria (atau “sindrom bau amis”), menyebabkan seseorang memiliki bau amis di napas, keringat dan urinnya. Sindrom ini dikarenakan dari cacat pada enzim yang memecah trimetil-amina, produk sampingan dari pencernaan protein yang dikeluarkan oleh bakteri yang ada dalam usus.


=====================================

>>> Obat Bau Badan, 100% Alami dan Efektif Menghilangkan Bau Badan, Bau Keringat, Bau Ketiak & Bau Kaki Pada Pria dan Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Obat Penghilang Bau Badan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>